Download Free Ebook

Rabu, 11 Agustus 2010

windows | meningkatkan kinerja windows xp

bagi anda yang merasa kurang puas akan kinerja windows xp anda di rumah  selain melakukan defragment hardisk, ada juga  beberapa tips agar kinerja windows xp anda semakin meningkat ,

Efek Visual
Tampilan default Windows XP memang terlihat cantik, tetapi sebenarnya tampilan tersebut menguras sumber daya sistem dan menurunkan responsivitas komputer. Berikut adalah opsi agar Windows XP tetap cantik tetapi komputer tetap gesit.

Klik Start >  Control Panel > perpormance and maintance > System > Advanced. Di bagian Performance, pilih Settings. Nah, hilangkan tanda centang kecuali pada opsi sebagai berikut:
- Show shadows under menus.
- Show shadows under mouse pointer.
- Show translucent selection rectangle.
- Smooth edges of screen fonts.
- Use drop shadows for icons labels on the desktop.
- Use visual styles on windows and buttons.
Kemudian pilih Apply, lalu klik OK. Kalau masih kurang, hilangkan semua centang kecuali di bagian “Use visual styles on windows and buttons”. Tetapi kalau Anda tidak butuh cantik dan hanya ingin yang gesit, pilih saja opsi Adjust for best performance atau hapus semua centang yang ada.

Mempercepat Shutdown

Tweaking ini mengurangi waktu tunggu secara otomatis ketika windows sudah menerima instruksi untuk shutdown.
1. Start>Run
2. ‘Regedit’>OK
3. ‘HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop’
4. Sorot ‘WaitToKillAppTimeout’
5. Klik kanan dan pilih modify
6. Ubah value menjadi ‘1000' (aslinya 20000)
7. Klik ‘OK’
8. Sorot ‘HungAppTimeout’
9. Klik kanan dan pilih modify
10. Ubah value menjadi ‘1000'
11. Klik ‘OK’
12. ‘HKEY_USERS.DEFAULT\Control Panel\Desktop\’ sorot WaitToKillAppTimeout’
13. Klik kanan dan pilih modify
15. Ubah value ke ‘1000' (aslinya 20000)
16. Klik ‘OK’
17. ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\System\Current\Control\SetContr ol’ sorot ‘WaitToKillServiceTimeout’
19. Klik kanan dan pilih modify
20. Ubah value menjadi ‘1000'
21. Klik ‘OK’

Mempercepat Loading Windows Menu

Tweak ini adalah tweaking fav saya, karena akan komputer kita terasa lebih cepat.
Tweaking ini membuang waktu delay ketika kita mengklik menu dan windows XP menampakkan Menu.
1. Start>Run
2. Regedit>Ok
3. “HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktop”
4. Pilih/Sorot “MenuShowDelay”
5. Klik kanan dan pilih “Modify’
6. Ketik angka “100? (aslinya 400)
Angka 50-150 adalah kisaran yg baik, bisa disesuaikan dengan Mood anda :)

MEMBERSIHKAN PREFETCH FILE
Fitur ini cukup efisien dalam meningkatkan agresifitas windows tapi tidak perlu mengutak-atik registry.Yg diperlukan adalah mendelete isi directory/folder prefetch. prefetch adalah directory yg berisi link2 yg semakin menumpuk bisa memperlambat komputer anda secara signifikan.Directory prefetch ada di c:windows /prefetch, membersihkan prefetch 2-3 minggu sekali cukuplah untuk pemakaian standar, cara lain,ketik prefetch pada kotak dialog run,kemudian hapus seluruh isinya.
dan jangan lupa terakhir sering melakukan penghapusan terhadap file yang berada di recycle bin .

terima kasih semoga bermanfaat :)

11 komentar:

Shudai Ajlani mengatakan...

oke brader, saya save ye :D

Ardian mengatakan...

Thank sob, tipsnya brguna banget. Lam knal ok..Kunjungan balik donk.

Kopi & Oatmeal mengatakan...

naah tipsna berguna nih bwt yg sering nyalain komputernya lama", thanks ya... cateeet

Sungai Awan mengatakan...

I follow.
Tipsnya sip kawand.
Winxp tetap aku suka ketimbang win yang lain

SISWA TKJ mengatakan...

aku menggunakan windows 7 sob...
jadi belum bisa nyoba nih..

SISWA TKJ mengatakan...

linknya sudah di pasang sobat...
terima kasih... :)

Om Rame mengatakan...

saya seLaLu rutin meLakukan prefetch fiLe, tentunya bermaksud agar kerja komputer tidak terbebani oLeh Link-Link tersebut. terima kasih sudah di ingatkan.

Aries mengatakan...

Lumaya,.. wat nambah speed kompie Q yang rada lemot,.. Thx bro,..

reni mengatakan...

Thanks utk sharingnya ya...

Om Rame mengatakan...

terus terang - terang terus saya kurang mahir daLam dunia komputerisasi, jadi apa yang saya disampaikan sobat hanya bisa saya serap dan saya suLit untuk mengomentarinya, karena memang saya masih awam dibidangnya.
menanggapi komentar sobat:
nyante aja kawan, jangan terLaLu dimasukan ke hati. itu saya tujukan bagi oknum-oknum bLogger, dan yang berani mengomentari tuLisan pedas saya berarti bukan masuk daLam kategori tersebut. siLahkan berunek-unek ria, saya tunggu, akan saya tanggapi dengan baik. saLam persahabatan.

TUKANG CoLoNG mengatakan...

aku save dulu, entar aku praktekin. :)

Posting Komentar

 
Copyright (c) Newbie Need Sharing - Blogger Templates created by BTemplateBox.com - Css Themes by metamorphozis.com